Monday, July 06, 2009

Bagaimana seandainya penderita autis itu kamu?

Jujur sebelumnya ketika aku membaca postingan tentang "stop using word autism in daily jokes" di blognya ndutyke, tak terlintas dalam pikiranku untuk memposting ulang di blog ini. saat itu yang terlintas dalam otakku sekedar membaca dan berusaha untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hariku dan mencoba mengingatkan orang-orang disekitarku yang masih menggunakan kata "autis" ketika mereka sedang bercanda mengolok-ngolok diri sendiri atau temannya. tapi hari sabtu kemaren ketika kebetulan aku ngopi-ngopi dengan seorang teman di salah satu kedai kopi kapitalis di cibubur junction, hatiku terenyuh ketika tanpa sengaja mendengar lima orang remaja yang sedang bercengkrama dan saling mengolok dua orang temannya yang asyik dengan laptop dan Blackberry nya dengan menyebut-nyebut kata "autis". awalnya aku tidak mau ambil peduli dengan olok-olok mereka tapi ketika mereka tidak hanya sekedar menyebutkankan kata "autis" secara berulang-ulang tapi sampai memperagakan bagaimana seorang penderita "autis" bertingkah laku aku mulai merasa terganggu, tapi untuk menegor mereka rasanya tak pantas karena aku tidak mempunyai koneksi secara personal dengan mereka. Alhasil aku hanya terdiam dengan muka merah padam menahan amarah, temanku yang melihat raut mukaku berusaha untuk menetralkan suasana. harus aku akuin temanku itu hebat, dia tidak terpancing dengan"kegaduhan" di meja sebelah padahal seharusnya dia bisa lebih marah dari aku mengingat dia mempunyai seorang keponakan yang menderita autis dan dia melihat bagaimana perjuangan kakaknya mengasuh keponakannya itu.

Aku menyesap kopiku dan berusaha untuk tidak peduli dengan suasana meja sebelah, tapi semakin lama aku merasa tak tahan dengan keadaan di sekitar dan mengajak sang teman untuk meninggalkan kedai kopi itu. Dalam hati aku berniat untuk memposting tentang "stop using word autism in daily jokes" ini di blog. jika aku tidak bisa berbuat banyak dengan secara langsung mengajak orang berhenti menggunakan kata autis ketika mereka bercanda, mudah-mudahan beberapa orang yang kebetulan berkunjung di blog ini bisa ikut membaca dan lebih baik lagi jika mau memposting ulang di blognya :)

Oh ya dalam postingan ini tidak banyak info tentang autis yang bisa aku informasikan, tapi jika dibutuhkan bisa mengklik link berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu autis. Forum Autisme Indonesia, word autism in your daily joke, 'Autis' itu LUCU dan GAUL katamu?




8 comments:

Anonymous said...

aku belom pernah ketemu langsung ama orang yang kayak ceritamu diatas. tapi kalo aku jadi kamu, maybe I'll write a note for them. teguran singkat gitu lah. trus sebelum aku pergi, aku titipin ke waiter-nya untuk memberikan ke mereka.

somebody has to stop them. moga2 orang2 kayak mereka itu [or orang tuanya yg bisa menasehati] membaca postingan kita ya jeung...

Ms Mushroom said...

ehm mbak tyka, salah satu temen kita ada loh yang nyebutin autis as a joke, tapi mungkin itu tergantung pergaulan ya, alhamdulillah aku gak pernah nyebutin kata itu sebagai joke

temennya mbak nuuii hebat :) bisa tahan dengan semua cemoohan itu

Anonymous said...

Silly, yang merupakan ortu dari anak Autistik... memposting cerita yang rasanya, ehm gimana ya... kalo setelah membaca ceritanya si silly masih tega bercanda pake kata 'autis'? brarti orang2 itu yg kudu diterapi supaya bisa lebih punya perasaan!

http://sillystupidlife.com/2009/07/09/

nuuii said...

@ndutyke : jangan sampe ketemu tyk, nanti bisa terjadi pertumpahan darah hihihi... jujur aku nga "seberani" kamu dalam hal tegor menegor orang *pengecut-nya aku* :p

aku udah baca postingannya link yang tyka kasih :)

@fenty_lovegood : iya fent temenku hebat aku udah emosional dianya masih tenang-tenang aja... mungkin karena dia sering diperlakukan begitu ya makanya kebal, ak yang newbie gmpang ke sulut :)

ciero said...

nice post :) biar makin banyak yang baca. entah kenapa sih kata2 itu bisa trend..

*jadi inget mba poetri*
ekekekeke...

nuuii said...

@blue_cat
nanti klu BB nya udah di pake jangan pake "kata" itu ya! hehehehe

id said...

wah mba, makasih lho uda post ini. saya (dulu sih) suka make istilah ini kalo lagi becanda. malah saya suka ngatain diri saya sendiri.

nuuii said...

Non Roti : sekarang nga lagi khan non? :) baru bikin blog ya? nanti malam mudah-mudahan udah bisa meluncur ke TKP ya... belum sempet blog walking ;) makasih udah mampir ya...