Tuesday, August 17, 2010

Dirgahayu HUT RI Ke-65

Kalau di tanya sebesar apa rasa cinta terhadap Indonesia, Jujur saya bingung untuk menjawabnya. Yang Jelas saya bersyukur dilahirkan, tumbuh dan menjadi besar di negara ini. teringat dengan obrolan dengan seorang teman yang sering travelling dan mungkin hampir separuh bagian bumi ini telah dia pijak. dia bilang "elo akan merasakan betapa lo sangat cinta terhadap Indonesia ketika lo berada jauh dari tanah air ini"

Ya saya sangat setuju sekali dengan pendapat teman saya itu, seindah-indahnya negeri orang , setidaknya ada saat dimana kita merasa ingin pulang. meskipun belum pernah meninggalkan Indonesia dalam waktu lebih dari sebulan hanya dalam hitungan minggu, saya pun pernah merasakan syndrome kangen dengan Indonesia. kangen dengan macetnya Jakarta, sambal terasi, Teh dalam kemasan botol, Gorengan dengan cabe rawit yang pedesnya bisa membuat mata berkaca-kaca, senyuman atau sapaan orang ketika berpapasan. ehmmm.... semua khas Indonesia yang tak akan pernah bisa di jumpai di negara manapun :)

Dalam keseharian, seringkali kita mengumpat "dasar indonesia" , "namanya juga indonesia" atau "hanya ada di indonesia" ketika kita menemukan sesuatu yang kurang berkenan dengan apa yang kita kehendaki. ketika terjebak kemacetan, ketika harus berurusan dengan birokrasi untuk mengurus sesuatu, ketika menjumpai sesuatu yang kotor. kasihan banget ya Indonesia selalu disalahkan ketika negeri ini tak bisa memenuhi harapan kita menjadi negeri impian, padahal kalau kita pikir-pikir lebih dalam, bukan Indonesia nya yang salah, bukan Indonesia nya yang buruk tapi oknum yang menjalankan pemerintahan di Indonesia yang salah dan buruk.

Hari ini 17 Agustus 2010 adalah HUT Republik Indonesia ke-65. Sudahkah kita memberikan sumbangsih yang terbaik bagi negeri ini? atau kita malah sibuk menggali keburukan hingga lupa sesuatu yang yang indah dari negeri ini? Jika kita selalu menuntut Indonesia menjadi negeri impian yang sempurna dan sesuai dengan harapan kita, sudahkah kita menjadi warga negara yang baik dan sempurna bagi negeri ini? Jika kita kecewa dengan sistem pemerintahan atau oknum yang menjalankan negeri ini, menjadi tugas kita lah membuat mereka [oknum] itu tidak semena-mena dan mengerogoti Indonesia dari dalam. tugas kita lah menegur, melawan dan membuat mereka [oknum] tersebut tidak lagi mengeksploitasi negeri ini untuk kepentingan mereka sendiri.

Saya tidak terlalu pintar menganalisa atau membuat kata-kata. tapi menurut saya, Indonesia berharap banyak pada kita kawan, Indonesia berharap kita terus menjaga negeri ini... Jika bukan kita yang peduli, siapa lagi yang akan menjaga negeri ini? Dirgahayu HUT RI Ke-65 ... meskipun bukan negeri impian, setidaknya di negeri inilah tujuan ketika kita ingin pulang :)

2 comments:

Intan Umar said...

Untuk Indonesia??? Saya mendidik anak-anak saya dengan penuh tanggung jawab, supaya suatu saat nanti bisa memberikan sumbangsih yg lebih lagi kepada agama dan negeri ini. Belum cukup??? sangat...belum cukup,...ayo...kita aktualisasikan potensi yg kita miliki...

nuuii said...

@intan : hidup bunda intan ;)makasih udah mampir ke rumah maya-ku :)