Wednesday, January 31, 2007

KUNANG - KUNANG

Tadi malam aku melihat kunang-kunang ketika melewati jalan setapak nan sepi tak jauh dari rumah ku. Kunang-kunang itu bergerombol dan membentuk lingkaran sebelum pada akhirnya terbang rendah kadang tinggi diantara pohon-pohon itu. Sejenak suasana disekitar jalan setapak itu menjadi terang benerang karena cahaya yang dipancarkan dari dalam tubuh si kunang-kunang. Aku termanggu beberapa saat menikmati pemandangan yang jarang terjadi dalam hidupku tersebut. Sesekali aku tersenyum sendiri mengingat masa kecilku dan akhirnya meneruskan perjalanan pulang dengan perasaan senang, ingatanku kembali ke beberapa tahun silam.

Dahulu sewaktu aku masih kecil ketika berumur sekitar 9 tahun, Tak tahu darimana asal dongeng tentang kunang-kunag tapi teman-temanku selalu bercerita bahwa kunang-kunang itu berasal dari kuku orang-orang yang sudah meninggal. ehmmm suatu mitos yang menyesatkan ;D tapi lucunya aku percaya dengan dongeng karangan temenku itu. Dan ketika aku dengan teman-teman kecilku melihat kunang-kunang dimalam hari kami akan bergerombol dan bersorak-sorak gembira karena cahaya benderang yang ditimbulkan oleh si kunang-kunang tapi sekali lagi tak pernah ada satupun diantara kami ada yang berani mendekati atau di dekati si kunang-kunang karena kami percaya kunang-kunang berasal dari kuku orang-orang yang sudah meninggal ;D


Sampai saat ini kadang aku tersenyum mengingat pengalaman- pengalaman masa kecilku, pengalaman percaya akan dongeng atau mitos yang tidak pernah tau darimana asalnya ;D tapi kalo mau lebih banyak tentang kunang-kunang bisa lihat di link di bawah ini


Tentang kunang-kunang ada di :
.
Pikiran rakyat
.
Lipi

2 comments:

Unknown said...

emang iya? kunang2 asalnya dari kuku orang yg dah meninggal? baru denger.. :p

nuuii said...

kana,
Pastinya kunang-kunang bukan dari kuku orang yang udah meninggal lha :D mungkin ada cerita begitu biar kita nga keluar malam [waktu itu khan masih kecil ;D ]karena kunang-kunang khan keluarnya malam hee..hee...nga tau dech kenapa ada cerita kayak bgtu