Sunday, August 23, 2009

Pentingnya Fasilitas Umum di Pusat Perbelanjaan

Dulu sebelum berkenalan [bekerja] dalam dunia retail yang salah satu tugasnya adalah mengunjungi satu mall ke mall lain, saya tidak terlalu berminat untuk memperhatikan fasilitas umum seperti toilet dan tempat sholat yang disediakan oleh pengelola mall. tapi sekitar empat tahun belakangan ini mulai timbul rasa penasaran untuk mengamati fasilitas umum di mall terutama mall yang yang tergolong sebagai pusat perbelanjaan untuk kalangan menengah ke atas.

Dari sekian banyak fasilitas umum [Toilet] yang ada di beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta, entah mengapa saya paling suka toilet yang ada di Plaza Indonesia. meskipun terbilang bukan pusat perbelanjaan dengan bangunan baru tapi untuk untuk urusan bentuk dan fasilitasnya menurut saya adalah yang terbaik diantara berpuluh atau beratus toilet yang ada di pusat perbelanjaan di Jakarta. di Plaza Indonesia ketika kita akan memasuki area per-toilet-an kita akan disambut oleh mba-mba atau mas-mas petugas kebersihan yang dengan ramah akan mengucapkan salam sambil tersenyum, begitu masuk ke dalam toilet kita akan menjumpai ruangan yang bersih, kering, wangi, dengan lighting yang pas [tak terlalu terang, tak terlalu redup] persediaan tissue dan sabun yang selalu penuh, pengering tangan yang suaranya tidak terlalu berisik dan flush yang manual dan yang menggunakan sensor [ketika kita beranjak dari toilet otomatis flush bekerja]. terasa nyaman dan membuat betah berlama-lama disana, intinya meskipun bangunan lama tapi tak kalah dengan mall baru seperti Senayan City [sensi] atau Pasific Place [promosiin PI banget ya hihihiihhi ].

Mungkin diantara orang yang kebetulan mampir kesini bertanya-tanya kenapa pemilik blog ini nga penting banget posting tentang "toilet" :) postingan ini mungkin juga bisa disebut rasa keprihatinan dengan kondisi fasilitas umum yang ada di pusat-pusat perbelanjaan, bayangkan ketika kita memasuki suatu mall kita akan menjumpai butik-butik atau counter dengan display yang begitu megah dan indah tapi begitu menyangkut fasilitas umum tidak di perhatikan. dan menyedihkan. Seorang teman baik pernah berkata bahwa jangan berharap untuk menemukan fasilitas umum yang bagus dipusat perbelanjaan karena tujuan dibangun pusat perbelanjaan itu agar orang betah berbelanja bukan betah untuk bolak-balik ke toilet atau beribadat. Ya ada benarnya perkataan teman saya tersebut tapi setelah saya pikir-pikir rasanya saya kok kurang sreg dengan pendapat teman tersebut, karena bagaimana kita bisa betah belanja di suatu pusat perbelanjaan kalau tidak tersedia fasilitas umum yang menunjang keberadaan kita untuk berlama-lama disana. tak bisa dipungkiri memang ada beberapa pengelola pusat perbelanjaan yang merasa harus memanjakan pelanggannya dengan memperhatikan fasilitas umum yang tersedia di mall itu agar para pengunjung merasa betah, tapi ada juga yang menganggap hal itu tidak terlalu berpengaruh banyak dengan jumlah pengunjung yang akan mengunjungi mall mereka.

Ohh ya... sedikit informasi tentang tempat sholat di pusat perbelanjaan yang bagus versi saya adalah Grand Indonesia, Plaza Senayan lalu di susun Pondok Indah Mall II. Jadi apabila selama bulan suci Ramadhan jalan-jalan ke mall adalah pilihan untuk ngabuburit atau ada janji buka puasa bersama di suatu pusat perbelanjaan pilihlah mall yang menyediakan fasilitas tempat sholat yang memadai, jangan sampai sholat maghribnya terlewatkan percuma hanya karena malas mengantri atau malas melihat kebersihan fasilitas umum tersebut ;)


SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN.....
tentu saja bagi anda yang menunaikannya :)

*gambar diambil tanpa izin dari sini

7 comments:

Anonymous said...

setuju nuuii!
mall yg nyaman yg memperhatikan fasilitas umum spt itu, toilet & tempat ibadah
toilet harus gratis!
tempat ibadah jgn lah yg di basement, panas, sempit, uhhh >,<

dhodie said...

Bahkan mall yang santer terkenal di tengah kota di bilangan Mega Kuningan saja menyediakan musholla kecil, pengap, bersajadah kotor untuk pengunjung yang ingin memenuhi panggilan Nya.

Buat saya sih bukan karna tujuannya tadi, tapi emang orang-orang yang ngebangun gak aware dengan ini. Shame! shame! shame!

nuuii said...

@hsifles : oh ya seharusnya toilet di mall itu gratis ya khan salah satu dari fasilitas :p tentang tempat ibadah salah satu mall deket ktr [the best meeting in town] lebih menyedihkan lagi, mall nya bagus dan rame tapi tempat ibadahnya di basement sempit dan pengap :(

@Dhodie Mulyana : Yaaaaa aku tau mall ituh.... padahal kalo dipikir perputaran uang disana banyak sekali setiap harinya. antara gak aware atau lebih money-oriented ya? *menyedihkan*

owly said...

hehehehe gue juga paling peduli tuh sama yang namanya toilet. mau sekeren apapun mallnya, kalo toiletnya ga oke, jadi maless...

yang di PI? setujuuu! kereeen hahahaha :)

owly said...

oya ... salam kenaaal :)

id said...

Wah bener tuh, saya pernah make toilet mall yang aksesnya jauh minta ampun.

Dari sign, masih harus jalan dan berbelok 7 kali! (sampe ngitung saking juauhnya), sesampainya di toilet penuh sesak. Ga jadi deh :(

nuuii said...

@Owly : salam kenal, makasih dah berkunjung :)

@Non Roti : pasti serem ya lewat lorong-lorong kyk bgtu, banyak bgt mall yg nga memperhatikan kenyaman pengunjungnya :)