Wednesday, July 29, 2009

TERATAI atau LOTUS

Tiba-tiba hasrat ingin travelling kembali timbul tapi karena sedang menerapkan kebijakan keuangan ekstra ketat, keinginan itu hanya tinggal keinginan. satu-satunya hiburan adalah melihat koleksi foto hasil menelusuri beberapa kota di asia pada bulan maret 2009 lalu. Diantara ratusan foto itu terselip foto kolam taman Nan Lian Garden yang berada di hongkong. aku dan seorang teman mengunjungi taman itu pada tanggal 13 maret 2009. Taman Indah yang terletak di tengah kota, sayangnya aku belum sempat untuk menceritakan dan meng-upload foto keindahan taman itu, dipostingan selanjutnya aku berniat untuk bercerita keindahan Nan Lian Garden. menunggu waktu luang dan mood bercerita timbul. :p

Melihat kembali foto kolam yang di tumbuhi Teratai menginspirasi aku untuk menceritakan sedikit tentang tanaman kesayanganku itu. Dari sekian banyak ragam bunga yang ada di bumi ini, aku paling suka dengan bunga teratai, padahal bunga teratai itu tidak terlalu indah, tidak seindah dan seharum mawar, melati, anggrek atau beberapa bunga lainnya. tapi entah kenapa selalu timbul perasaan tenang ketika aku memandang kolam yang berisi bunga teratai dalam berbagai warna. Perasaaan Tenang mungkin itu sebabnya aku begitu menyukai teratai. aku ingat ketika berada di Nan Lian Garden sementara temanku asik mengamati budaya cina yang terdapat dalam tempat peribadatan agama Budha dalam taman itu, aku lebih memilih untuk berlama-lama mengaggumi kolam-kolam yang berisi teratai.

Teratai (Nymphaea) adalah nama genus untuk tanaman air dari suku nymphaeaceae juga dikenal sebagai water-lily atau waterlily. Teratai, Seroja atau padma adalah perlambang kesucian dalam budaya Cina, Mesir , Yunani dan India. Beragam mitologi pun berkembang dari bunga teratai. Di Mesir, teratai melambangkan kelahiran kembali Dewa Osiris, di India, mekarnya bunga teratai menjadi perlambang pencapaian kesempurnaan menuju nirwana, di Cina Dewi Kwan Im [dewi welas asih pelindung kaum miskin] digambarkan selalu duduk dalam singgasana bunga teratai. Jangan heran jika ke pergi ke Macau atau Hongkong hampir semua souvenir yang dijual nga jauh dari gambar teratai :)

Ada beberapa orang yang mengatakan jika Teratai itu berbeda dengan Lotus, dari beberapa sumber informasi yang saya peroleh dari internet terdapat perbedaan antara Teratai dan Lotus. Perbedaannya itu terletak pada daun teratai yang mengapung diatas permukaan air sedangkan Lotus memiliki daun dengan batang yang menjualang dari air. Teratai biasanya berbunga putih dengan jumlah kelopak lebih banyak dibandingkan Lotus. tapi tetap saja sebagai orang awam yang tidak terlalu mengenal dunia tanaman tidak bisa membedakan yang mana teratai dan yang mana Lotus, begitu melihat kolam yang di tumbuhi aneka tanaman dari suku nymphaeaceae saya langsung menyebutnya sebagai teratai [norak ya?] :)




5 comments:

Anonymous said...

Travelling berikutnya??

nuuii said...

@kurakurakurakura
kapan ya? nunggu pundi uangnya terisi dulu kayaknya :p

Dodi Mulyana said...

Dulu kalau saia sedang memancing atau mencari ikan di kolam, pasti juga terpukau sama teratai..

Kalo bunga, saia cuma suka sama anggrek.. mungkin karna untuk dapetinnya perlu perjuangan.

*ah sotoy marotoy saia*

Anonymous said...

aku suka kamboja :D

nuuii said...

@Dodi Mulyana : ya ya ya anggrek bagus tapi teratai tetap lebih bagus *teuteup* :)

@ndutyke : iya kamboja juga bagus :)